Lilypie Second Birthday tickers

Thursday, February 7, 2008

Sep De Erth



Misi : mencoba untuk menyelamatkan dunia untuk masa depan. Setidaknya dimulai dari diri sendiri dan lingkungan.

Gw udah lama gak pernah buang sampah sembarangan. Dimulai dari tahun 2002. Dan paling benci kalo ngeliat orang yang dengan seenaknya buang sampah dijalan, dari mobil pribadi ampe angkot. Bawaannya pengen nonjok aja. Please deh, banjir terjadi ya salah satunya karena kelakuan kita2 juga. Jadi lo jangan sepenuhnya nyalahin pemerintah atau alam.

Dan saat ini gw juga udah mulai:
:: mengurangi pemakaian plastik. Sebelum2nya gw kalo bawa bekal sarapan dari rumah, kue/roti (gw menghindari sarapan nasi karena baru 2 hari sarapan pakai nasi aja berat badan gw udah naik 1kg, dahsyatkan tuh nasi, ck,ck,ck..) gw bungkus pakai plastik yang bening itu. Tapi sekarang2 ini gw bela2in tas gw kelihatan gembung karena gw mengganti plastik disposable itu dengan wadah plastik yang bisa dipakai dan dipakai lagi.

Untuk belanja apa aja, kalo barangnya kecil gw langsung masukkin ke tas dan menolak plastik yang disediakan oleh penjualnya.

Untuk belanja di supermarket. Gw akan meminimalisasi pemakaian plastik. Mungkin gw harus bawa tas yang reuseable ya. Tapi kemarin2 belum sih.

:: Mengurangi pemakaian kertas (save our forest). Dikantor, tidak mengcopy yang tidak penting, tidak mencetak yang tidak penting dan menggunakan used paper untuk mencetak yang tidak terlalu penting .

Gw kadang suka sebel aja ngeliat banyak kertas yang masih bersih depan belakang tapi udah masuk ke tong sampah. Iya, jadi mesin copy dikantor gw itu suka error. Jadi kalo kita mau copy 1 yang nyangkut itu bisa 3 lembar. Dan ama mahluk2 dikantor gw itu yang nyangkut itu langsung dibuang gitu aja, padahal masih bagus dan bisa dipakai di mesin printer. Gw kadang yang suka kayak opis gel aja nyortirin satu2. Sekali nyortir bisa dapet 1 rim kertas yang layak pakai. Gokil!!

Pakai tisu secukupnya. Karena tisu gak bisa direcycle.

:: Menghemat listrik. Yang gak penting gak usah dinyalain. Lampu, TV kalo gak dipakai dimatikan. Dispenser gw off-in. Kecuali kalo lagi perlu air panas gw nyalain sekitar 5-10menit dan kalo udah dapat air panas, dimatiin lagi deh. Dan kalo kepengen air dingin kan ada kulkas yang nyala 24 jam sehari atau kalo kurang dingin tambahin aja es batu.

Pakai lampu yang hemat energi. Biar lebih mahal yang penting bisa awet sampai 3 tahun.

:: Menghemat Air. Membuka kran dengan aliran yang pelan sewaktu mengisi bak mandi. Menutup kran sewaktu mencuci tangan dengan sabun & menggosok gigi.

:: Lagi pengen belajar bikin kompos dan tertarik untuk bikin sumur resapan di halaman/samping rumah. Tapi masih belum terlaksana. abis gak sempet (sibuk gak jelas, hehe.. alasan aja loe!).

Any other idea to save our earth, friends??

No comments:

Post a Comment