Lilypie Second Birthday tickers

Friday, January 19, 2024

Malang, Batu, Bromo Trip 2023

Akhir tahun kemarin alhamdulillah kita berkesempatan untuk jalan2 ke Malang-Batu-Bromo yang emang udah ada dalam bucket list jalan2 saya sejak lama. Rencana gak mau pake tour karena mikir, ah wilayah jawa doang, dah jelas juga tempat2 yg mau dituju. Ternyata pas iseng cek n ricek harga tournya ternyata mahal banget. Lebih mahal dari yang waktu kita pake jasa tour di Lombok. Fix emang gak akan pake tour juga sik ๐Ÿ˜„ Pas cek2 rental mobil buat jalan2 disana ternyata ratenya juga lebih mahal dari daerah wisata lain, itu juga belum termasuk uang makan sopir. Baru tau ada komponen uang makan sopir. Apalagi kita pesan pas hi-season, harganya dinaikkan lagi. Padahal kalo di tempat wisata lain yg mengalami kenaikan harga biasanya cuma hotel sama pesawat aja, eh ini semobil2nya dan uang makan sopirnya ikutan naik juga. Asli matre bgt inih orang jawa timuur๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Akhirnya saya si emak hemat ini memutuskan untuk sewa mobilnya 2 hari aja. Hari pertama dan kedua. Hari ketiga rencananya kita mau ke Bromo jadi keknya gak perlu sewa mobil lagi karena ada mobil antar jemput dari agen wisata Bromonya. Dan di hari keempat karena udah hari terakhir kita rencananya mau santai2 aja di hotel, makan dan berenang abis itu panggil gocar buat antar kita ke bandara.

Hari pertama ke bandara dari rumah saya pesan gocar. Dah tau selahnya kita sekarang kalo ke bandara mendingan pake taksol daripada ribet2 minta antar sopir ataupun pesan airport transfer di OTA karena taksol itu 24 jam standby apalagi menjelang subuh banyak banget karena mereka memang ngejar orderan ke bandara.

Kali ini kita terbang pake Citilink. Pengen coba euy kek apa sih budget airlinenya GA. Ternyata kok keliatannya pesawatnya sempit yah. Gak kayak Super Air Jet yang keliatan lebih lapang. Mungkin karena interiornya kali yah, ijo2 agak gelap gituh bikin ruang jadi terasa sempit๐Ÿ˜…. Tapi plusnya koper di bagasi sih aman ya. Terus terang kejadian 2 koper rusak di tahun 2022 lalu bikin saya males naik Super Air Jet.

Setelah boarding ternyata pesawat mengalami trouble. Sepanjang waktu menunggu perbaikan di dalam pesawat saya itu sebenarnya deg2an banget karena saat itu bawa sunscreen spray aerosol mini di dalam tas. Ya Allah aslik takut banget meledak pas udah diatas udara secara tekanan udara diatas kan tinggi banget yaah. Trus atut ditangkep juga gara2 bikin keonaran dan gak mematuhi peraturan penerbangan. Padahal sebelumnya udah nanya pramugari juga katanya sih gpp. Etapi teteup aja nih hati was2 bgt. Tapi Allah memang Maha Baik ya. Atas KuasaNya, akhirnya ada pengumuman kalo kita harus pindah ke pesawat lain. Akhirnya kita rame2 turun dari pesawat untuk kembali ke gate lagi. Setelah sampai di gate saya langsung ngacir ke toilet buat reapply sunscreen pake si sunscreen spray aerosol itu yang bikin saya parno tadi. Abis itu langsung lempar botolnya ke tong sampah. Alhamdulillah legaaa! Hilang deh ketakutan akan bikin kehebohan trus ditangkep pulici bandara๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Karena delay kita sampe Malang sekitar jam 12an dan disambut oleh gerimis. Salah pilih flight jg sik. Harusnya ambil yg lebih pagi jadi kalau pesawatnya delay sampe lokasi juga masih pagi. Karena dah siang akhirnya kita langsung cari makan. Nemu tempat makan ayam goreng di jalan menuju Batu. Biasa aja sih rasanya. Padahal itu resto cukup rame dan katanya terkenal tapi saya lupa nama restonya๐Ÿ˜…

Di itinerary  yang saya susun sih abis makan kita langsung ke Santera Delaponte, taman bunga yang lagi hits di Malang. Etapi itu tempat ternyata tutupnya jam 5 sore, kita selesai makan aja udah jam 2an lewat ya udah akhirnya kita ganti arah ke BNS alias Batu Night Spectacular yang bukanya mulai jam 4 sore. Tiket masuknya 80rb kalo gak salah. Bagus ternyata BNS, wahananya banyak tapi sayang karena hujan jadi banyak yg gak operasi. Padahal seru banget lho tempatnya. Wrong timing emang.

Kelar dr BNS kita langsung ke tempat oleh2. Saya tuh sebenarnya dah males lho beli oleh2 di tempat yg geda2 begituh. Karena harga2nya gak masuk di saya. Padahal makanan sejenis ngambrek di Jakarta dengan harga 1/3nya aja. Jadi paling kalo mau beli oleh2 ya yang khasnya aja sih. Kali ini saya juga gak beli oleh2 buat tetangga, teman, guru dan teman2 si anak sholeh. Males mikirnya euy. Maksudnya gak mau terbebani pikiran harus effort mikir siapa2 aja dikasih apa. Apalagi ternyata yang mau dikasih gak ada di rumah alias pergi liburan juga. Mau santai aja gak mikirin orang lain, gak ngetok2 pagar rumah orang buat drop oleh2. Itu butuh effort luar biasa lho buat kaum setengah introvert kek sayah yg gak punya asisten di rumah๐Ÿ˜…

Setelah dari tempat oleh2 itu yang saya cuma ambil sekotak pie apel malang dan sebiji roti bluder kita mampir juga ke Apel Strudel Malang milik artis Teuku Wisnu yang ternyata berdekatan. Disana kita beli beberapa box cuma buat di konsumsi sendiri. Sempat comot roti bluder juga. Pas dimakan, eh ternyata memang seenak ituh si roti bluder. Worth the price lha ya. Jadi nyesel kan cuma beli 2 biji. Nanti keknya bakal co aja deh di shopee kalo pas lagi cheating day๐Ÿ˜…

Lanjut menuju hotel Regent's Park di Malang kota untuk check-in, lalu beres2 koper, bersih2 trus istirahat tidur. Harusnya sih kita cari hotelnya yang di daerah Batu biar lebih praktis karena tempat2 wisata itu semuanya ada di Batu. Tapi karena mikirnya Batu kan dingin banget ya, males banget tuh saya kalo harus dingin2an jadilah saya cari hotelnya di Malang kota ajah. Pas udah sadar kalo salah lokasi mau cancel tapi males cari2 hotel lagi, ya udah lah dinikmatin ajah. Alhamdulilahnya hotel yg kita tempati lumayan nyaman. Sarapannya ok lha. Tapi yang saya heran kenapa setiap nginap di hotel, bawa bocah sarapan kita cuma kena charge 1 hari aja ya? Sisa hari lainnya free. Apa memang kek begitu yah SOPnya breakfast buffet hotel2 di Indo?

Hari kedua setelah sarapan kita dijemput driver agak pagian. Kita langsung ke Santera Delaponte yang lokasinya ada di Batu. Harga tiket masuknya sekitar 120rb kalo gak salah. Tempatnya bagus. Banyak bunga2 dan ada wahana2nya juga. Instagramable banget deh pokoknya. Ada rainbow slidingnya juga yg sedang kekinian itu. Ada juga tempat buat sewa hanbok pakaian tradisional ala Korea buat poto2 cantik disana. Sebenarnya pengen bgt sewa cuma mikir kurang seru ah poto2an sama si duo lanang. Mereka type yang pada males pepotoan gituh. Gak asyik. Dah itu tempatnya lagi rame banget jadi kurang nyaman dan susah buat dapat foto2 bagus. Emang enaknya pergi sama bestie sih kalo mau foto2 cakep pake kostum gituh ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Dari Santera Delaponte kita makan siang di warung rawon Djamiah. Kureng sik. Kayaknya lidah saya emang gak cocok sama masakan Jawa Timuran deh. Kelar makan lanjut ke Museum Angkut. Tiket masuknya 120rb. Aslik keren bgt Museum Angkut inih. Worth the price! Museum yang isinya koleksi alat angkut transportasi dari jaman kuda gigit besi sampe menuju jaman modern. Ada dokar, sepeda, motor, mobil kereta, sampai pesawat kepresidenan jaman dulu pun ada, masya Allah banyak dan keren2 banget koleksinya. Saya dan suami asli nikmatin banget penelusurin kami sepanjang rute dalam Museum Angkut while si bocah bete ngeselin gituh. Dasar bocah belom ngerti keknya dia tuuuh ๐Ÿคฆ๐Ÿป‍♀️

Setelah menikmati Museum Angkut kita keluar nunggu driver eh turun hujan. Emang Malang Batu kemarin itu mulai hujannya pas sore2. Jadi dr sana kita langsung balik hotel. Istirahat. Malamnya kita kuliner ke Bakso President yang lokasinya tepat di depan rel kereta api. Kebayangkan lagi asyik2nya makan bakso trus kereta lewat, langsung geter2 kali ye tuh warung๐Ÿ˜…

Kelar ngebakso kita kembali ke hotel dan bayar sisa sewa mobil. Sama suami dilebihin cuma 100rb. Padahal biasanya suami sayah paling royal kalo kasih tip ke driver. Tapi emang aneh sih tuh orang. Dah tau kita sewa mobil kan biar nyaman yaa. Tapi dia naikin nurunin customer semaunya. Kalo janjian kitanya yg datangin dia ke parkiran. Terakhir itu pas ke Bakso President dia mosok nurunin kita di parkiran trus nunjuk ke arah jalan raya sambil bilang,"baksonya disitu ya bu", ealah bukannya di drop depan warungnya, malah disuruh jalan lagi, mana lagi hujan rintik2, ampun deh. Baru kali ini dapat driver servicenya jelek banget.

Malamnya jam 12an kita dijemput sama driver dari agen opentrip buat ke Bromo. Di drop di titik kumpul ketemu dengan wisatawan2 lain. Agak lama nunggu, sekitar jam 3an baru  deh kita ganti naik jeep buat ke Bromo. Alhamdulillah saya nemu agen Bromo trip yang murah, harga hi-season udah include foto sepuasnya cuma 325rb. Yang lainnya dapat harga diatas 350ribuan sih, beda 25rb aja bisa bikin emak hepi ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Bromo cakep sih. Cuma kok kayaknya kurang explore ya kemarin itu. Kita cuma ke titik poin sunrise, padang savana, pasir berbisik, sama bukit teletubies. Udah gitu aja. Saya pikir bakal naik lagi keatas, yang ada danau2nya. Ternyata nggak. Tapi emang Bromo katanya lagi aktif jadi turis gak diperbolehkan buat naik.

Yang gak enaknya di bromo toiletnya cuma 2 jadi kudu antriii, jadi gak kekejar deh tuh sunrise gara2 kita antri toilet. Mana subuhnya susah gara2 musholla lg di renov ceunah, jadi deh kita sholat subuh sebisanya aja.

Balik ke hotel udah siang, lanjut istirahat. Rencananya sih saya mau massage udah niat telepon kok malah gak jadi ya, entah kenapa. Tapi keknya gara2 keasyikan scrolling deh jadi lupa waktu tiba2 dah mau malam aja,.masih harus mikirin urusan perut bapak dan anak. Padahal saya paling seneng nyobain massage spa di hotel. Malamnya saya pesan makanan secara online. Bapak makan nasi padang, saya dan bocah makan nasi kebuli. Pengennya sih makan di luar ya trus muter2 kota etapi hujan. Males banget ya keluar kalo lagi hujan. Lagian tuh duo lanang kan mageran. Kalo dah ngamar pada males keluar๐Ÿ˜…

Besoknya habis sarapan anak sholeh dan bapak berenang. Saya seperti biasa jadi bagkeeper ajah๐Ÿ˜ Mau ikut berenang liat kolamnya males. Pengennya main di kolam yg kayak di Double Tree yg model lagoon gitu biar puas๐Ÿ˜

Setelah checkout hotel jam 12 saya segera pesan gocar ke bandara. Lanjut check-in pesawat kita langsung cari makan di resto area bandara. Laper euy. Saya makan rawon (yg rasanya jauh mendingan dr yg kemarin) bocah makan bakso. Bapak makan lontong apaan tau. Lepas itu langsung masuk ke gate. Alhamdulillah no delay2 ya kali ini. Flight kembali ini kita landingnya di HLP. Ceritanya pengen cobain turun disana. Bandaranya jelek ternyatah๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Sampai di HLP saya langsung pesan taksol. Ternyata ratenya lebih mahal dari CGK euy, padahal jaraknya lebih dekat. Aslik terkejut akutuu๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Tapi saya ngerasa liburan kali ini rasanya kok ada yg kurang yah. Merasa kurang lepas, kurang explore. Mungkin karena hujan terus. Mungkin karena driver rental mobilnya yg gak service excellent. Mungkin karena bocah sempet rewel. Mungkin karena salah pilih lokasi penginapan. Ah sudah lha, saya tetap bersyukur masih bisa mencentang wisata Malang Batu Bromo dari bucket list saya. Masih mau kok ke Malang Bromo lagi tapi sama temen2. Kalo bisa sih roadtrip ya, pengen deh ngerasain mobilan jarak jauh lagi kayak jaman kecil dulu pulang kampung naik mobil sama pakde. Secara kalo sama si duo lanang keknya susah terwujud ya secara bapaknya anak saya orangnya kan males nyetir jauh2, eeaaaa.. #terimanasib

Alhamdulillaah, Masya Allah tabarakallaah. Nikmat mana lagi yang kau dustakan๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ

Saturday, March 11, 2023

Janji Berbagi

Awal tahun ini banyak banget temen sekelasnya yang berbagi makanan di kelas dalam rangka ultah. Ternyata anak sholeh gak mau ketinggalan."Saya juga mau berbagi dong mak", ujarnya.

"Boleh aja asal ada duidnya gak perlu nunggu ultah, kan kita juga gak ngerayain. Emang maunya kapan?"

"Ya udah kalo begitu, tapi harus ada yang spesial mak". Lalu mamak mikir, apa yah. Akhirnya keinget kalo bacaan qurannya udah tinggal di 10 juz terakhir. "Ya udah khatamin Quran sebelum bulan puasa yah, nanti abis itu terserah Eshan mau dibelin apa buat berbagi di sekolah!"

"Yeaay, saya mau pizza yang panjang 1 meter 2 ya mak!" Teriaknya senang sambil menyebut makanan favoritnya itu. "Ok, deal!" Balas emak.

Setelahnya bocah yang biasa suka modus kalo lg baca quran itu jadi semangat ngaji. Padahal biasanya kalo emaknya lengah yg ada dia ngaji cuma setengah halaman atau bahkan cuma 1 ayat doang ๐Ÿคฆ‍♀️. Kita bikin target, habis sholat baca minimum 1 lembar, sehari minimum 3 lembar.

Setiap saat pula dia ngingetin, "Mak, siapin duitnya ya buat beli pizza 1 meter, 2 lho 2, kan udah janji!" Emak cuma jawab, "Iya2, tenang aja, abis itu kalo duid emak habis sebelum waktunya kita makan tempe tahu aja yaa!" Xixiixii..

Hingga malam Jumat kemarin, 9 Maret 2023, akhirnya selesailah bacaan Qurannya untuk yang ke-5xnya. Alhamdulillah, masya Allah tabarakallaah..

Dan sesuai janji, Jumat pagi setelah antar si bocah sekolah si emak2 belom mandi ini langsung gas ke gerai Pizza terdekat. Sempat khawatir masih tutup ternyata malah udah buka dari jam 7 pagi, alhamdulillah dimudahkan. Sempat keder, tadinya mau delivery tapi drivernya baru datang jam 11an. Padahal kalo hari Jumat kan waktunya sempit. Gak ada lunch time pula. Walasnya juga kasih saran diantarnya pas snack time aja jam 9. Mbak2 PHnya saran kalau mau diantar jam 9 pesan lewat online aja lagi ada diskon gede. Etapi pas coba2 pake online kok jadinya jauh lebih mahal karena ternyata diskonnya cuma 15rebu. Pikir punya pikir sambil liat jam eh kok udah jam 8 kurang, akhirnya saya putuskan untuk take away sajah.

Jam 8 lewat pesanan selesai. Dibantu babang hojek pizza 1 meter pesanan anak muda diikat dijok motor belakang dan hanya menyisakan secuil ujung jok buat saya duduki, secara si pizza mentok di sandaran belakang. Aslik sepanjang perjalanan pegal pisan nahan kaki dan tangan yg tibi2 kudu akrobat, wkwkkwk..

Sampai di sekolah jam 9 kurang langsung titip ke penjaga depan. Sambil pesan2 biar gak salah kasih. Abis itu langsung cuzz ke mbak Tuti kang salon deket rumah buat minta di massage gara2 kaki dan tangan pegal2 akibat abis akrobat di atas motor, aslik pararegeuul bingit euuy๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Alhamdulillaah, tunai sudah janji emak kepada bocah.

Semoga anak lanang tetap rajin baca Al Qurannya, target minimal setahun sekali khatam lha ya. Semangaat๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Tuesday, January 3, 2023

Lombok Trip 2022

Alhamdulillah akhirnya jadi juga kita jalan2 ke Lombok. Rencana dari jaman rikiplik baru terealisasi di akhir tahun 2022 kemarin.

Perjalanan kali ini kita berangkat naik Super Air Jet yang interiornya lebih bagus dari pesawat2 budget yang pernah kita naiki sebelumnya. Dandanan dan seragam pramugari/pramugaranya pun simpel dan keren banget. Atasan hem dan bawahan celana panjang bahan tebal warna krem macam seragam petugas safari di hutan, membuat mereka bisa jadi lebih gesit dibanding kalo pake rok panjang dengan belahan yang aduhai ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Pesawat jam 7 pagi, kita berangkat dari rumah jam 4 lewat naik Grabcar. Awalnya saya pesan airport transfer dari Traveloka, ternyata zonk, janji jam 4 subuh, hari H mobilnya gak datang. CSnya udah  saya hubungi dr beberapa hari sebelumnya tapi gak ada respond sama sekali. Padahal itu udah red flag yah tapi saya abai dan positive thinking aja drivernya bakal jemput, etapi ternyata saya salah. Aslik lumayan panik tapi gak berani bilang pak suami daripada rame. Akhirnya jam 4 lewat dikit saya langsung pesan Grab yang ternyata cepat sekali respondnya. Kata drivernya lepas subuh memang jam2 bagus buat narik, secara rata2 orderannya ke airport yang ratenya lumayan. Alhamdulillah masalah airport transfer teratasi dengan cepat๐Ÿฅฐ

Sesampainya di bandara Lombok ternyata gerimis. Driver tour yang jemput kita bilang kalo hujan sudah turun dari kemarin siang dan belum berhenti sampai saat itu. Oh iya, perjalanan kali ini kita pake jasa tour, soalnya masih buta Lombok buund๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Ternyata emang tepat keputusan  saya untuk pake jasa tour. Karena rute2nya jadi lebih terorganized. Selain falisitas mobil dan tiket2 wisata dll, kita dapat makan siang dan malam juga di tour yang kita pake.  Yang kalo dihitung2 jatuhnya malah lebih murah. Tapi hotel dan pesawatnya sih saya pesan sendiri. Trauma waktu ke Bali terima beres ternyata dikasihnya hotel yg spooky๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Aslik Lombok itu indah2 banget pantainya. Kita dapat fasilitas snorkeling di pantai Pink, lumayan cakep walo agak butek dikit karena hujan. Rencana mau snorkeling juga di Gili Trawangan tapi pas disana ternyata pak suami gak bawa baju ganti dan saya lupa bawa kerudung buat nyemplung. Padahal bocah dah heboh mau snorkeling, alhamdulillah anaknya kecapekan setelah keliling Gili Trawangan pake sepeda, jadi gak ngambek deh ๐Ÿ˜

Ini itinerary kita waktu disana 4D3N:

Day 1 : CHECK IN - KUTA TOUR (L & D) Meeting point dibandara international Lombok, setelah berjumpa dengan crew, kita mengunjungi :

Kampung Tenun Sukerara (mengenal & melihat secara langsung proses pembuatan kain songket khas Lombok secara manual yg dilakukan secara turun temurun & free foto menggunakan baju adat khas Lombok). Kita kesini diiringi hujan rintik2. Lumayan lha bisa belajar nenun kain songket dan foto2 pake baju adat mereka dengan rumah adatnya. Tapi abis itu bapak suami kasih tips juga sih ke guide lokal mereka.

❌ Kampung Sasak Sade (mengenal & melihat secara langsung proses kehidupan suku sasak asli Lombok yang sampai saat ini masih menjaga adat dan gaya hidup secara turun temurun). Kita gak kesini karena Bapak suami males ke tempat2 sejarah lagi. Terlebih ada kabar kalo banyak turis dipalak sama guide lokal di desa Sade.

Setelah dari desa Sukarere kita makan siang di nasi Balap Puyung. Enaak, macam nasi bogana gitulah tampilannya. Btw, ayam Lombok imut2 amet dah, makan 1 potong aslik kurang ๐Ÿ˜…

*  city tour kota ( mengeliling kota tua bersejarah di pulau Lombok). Sambil jalan dari hari pertama driver yang merangkap tour guide udah cerita banyak tentang sejarah Lombok. Fun fact: ada tradisi orang2 asli Lombok melarikan anak gadis orang jika ingin menikahinya.  Kalo gak dilarikan ortu pihak perempuan justru tersinggung, aneh ya๐Ÿ˜…. Trus, perempuan2 disana biasa punya pacar lebih dari satu, bisa 3 atau 5. Subhanallah, ngakak banget sayah, itu gimana ngaturnya yaak๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. Pas denger itu bocah langsung nembak emaknya,"Kalo emak dulu pacarnya berapa?".  Respon saya,"Haiyaaah, tanya bapak aja giiiih". Sambil nyengir ngelirik ke pak suami๐Ÿ˜๐Ÿ˜

* Check in hotel. Kita nginap di Coconut Boutique Resort. Cottage gitu bentukannya. Asli bagus banget walau lokasinya agak masuk kedalam gang. Nuansa2 kayu gitu desain interiornya. Kamar mandinya semi outdoor alias ada bukaan atasnya sedikit. Komen bocah,"Kamar mandinya tradisional ya mak!", wkwkwk.. Walau keren tapi harga lumayan murah, sekitar 500ribuan tapi pilihan sarapannya terbatas nasgor, migor ama ruti doang. Ya gpp lha soalnya kalo modelnya buffet pasti bakal rusuh semua pengen dimakan๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Malamnya kita dijemput untuk beli oleh2 kaos di Exotic lalu lanjut makan malam di restaurant ayam taliwang khas Lombok. Ini enak, cuma ayamnya kecil bgt walau 1 ekor karena ayam kampung jadi porsinya pas doang buat sayah๐Ÿ˜…

Day 2 : Pink Beach Tour (L/D)

Setelah breakfast, diringi hujan rintik2 kita mengunjungi Pink Beach. Lalu snorkeling di Gili Petelu dan main ombak di pulau karang sekitar situ.

Lalu kita merapat ke Pink Beach 1 langsung naik ke Bukit Tangsi buat foto2 kece tapi sayang sayah masih pake kostum snorkeling. Nyesel jg gak didobelin gamis padahal latar buat foto2nya cakep bgt dan pake pengarah gaya profesional alias difotoin sama mas2 tukang perahunya yg jago ngarahin gaya๐Ÿ˜…

Setelah itu makan siangnya seafood. Lumayan lha daripada lumanyun๐Ÿ˜

❌Kita gak jadi ke Pink Beach 2 karena hujan cukup deras jadi cuma ngelewatin aja dan boat langsung menuju kedermaga.

❌Perjalanan menuju makan malam.  Rencana makan malam sate rembige ibu Sinaseh (sate daging yg terkenal di Lombok dengan bumbu khas) gagal secara abis snorkeling kita sudah terlalu lelah jadi langsung balik ke cottage aja, dan pesan makan malam disana.

Day 3 : GILI TRAWANGAN (L/D)

Setelah breakfast, kita explore villa hantu (salah satu villa yg belum jadi atau tidak dilanjutkan dengan pemandangan yg sangat indah).

Rencana untuk explore bukit Malaka ❌. Maklum kalo jalan2 sama introvert mah emang demen skip2 ๐Ÿ˜…

lanjut kita ke dermaga private speedboat untuk nyebrang ke Gili Trawangan. Disini kita explore keliling gili naik sepeda. Udah pake sepeda listrik padahal tapi lelah jugak karena sepedahan di pasir tuh ternyata berat banget buund๐Ÿ˜…

Rencananya makan siang restaurant Ocean 2/Oda Cafe Gili Trawangan. Tapi ternyata kita makannya di cafe Sama-Sama, cafe musik reggae gituh yg interiornya keren, se-toilet2nya!๐Ÿ˜. Dan bakwan jagungnya pun enaaaa.. ๐Ÿคค

Setelah makan kita kembali dermaga untuk menyebrang kembali dan langsung balik cottage dong secara si introvert kangen kasur. Malamnya abis maghrib baru deh dijemput lagi buat beli oleh2 dan makan malam.

❌Kita gak ke Gallery mutiara karena  gak tertarik. Entah gak demen aja sama perhiasan mutiara. Jadi langsung ke pusat oleh2 makanan khas Lombok. Over priced euy harga2 disini. Tapi ya sudah lha, namanya juga tempat wisata. Lanjut ke Sasaku pusat oleh2 juga. Harganya cukup affordable. Saya beli peci sama gantungan kunci buat guru dan teman2nya si anak sholeh.

Lanjut makan malam di Exotic resto yang ternyata ada home bandnya, tapi buat saya malah ganggu sih. Wis tuwek kali yah, dah gak tahan denger suara2 berisik. Untuk rasa makanannya kurang cocok juga buat lidah saya.

Lalu kita kembali ke cottage buat istirahat.

Day 4 : city tour - bandara  (B)

Setelah breakfast kita berenang di kolam renang cottage. Aslik dah macam private pool aja secara gak ada orang selain kita yang berenang. Penghuni lainnya rata2 bule yg kayaknya lebih milih main air di laut daripada di kulem.

Pak driver jemput kita sekitar jam 11an dan langsung menuju Mandalika, sampai sana makan siang di restaurant Anda Kuta Beach yang viewnya pantai Mandalika, cakep sih tapi makanannya b aja๐Ÿ˜

❌Rencana explore Kuta Mandalika Beach juga gagal karena Bapak suami males mantai, jadi kita cuma foto2 depan sirkuit Mandalika aja, trus lanjut explore Tanjung Aan Beach. Masya Allah tabarakallah,  ini pantainya aslik cakep bgt. Bikin betaah. Cucok  banget buat healing emak2 rumah tangga. Lalu kita juga explore bukit Merese. Nah ini bukit pemandangannya ya pantai Tanjung Aan. Aslik cakep banget foto2 disini.

Sekitar jam 4 sore baru deh kita di drop airport karena pesawatnya jam 18.15.

Acara tour selesai.

Dan drama di airport pun dimulai. Nama saya ternyata gak sesuai dengan nama di ktp. *tepokjidad*. Jadi yang ke record cuma nama depannya aja. Nama belakang entah kemana. Pantas waktu di CGK check-in pake mesin gak bisa kedeteksi nama belakang saya. Tapi waktu check-in di counter lolos. Mungkin karena hectic kali yah petugasnya gak ngeh secara emang lagi banyak bgt orang tumpah ruah di antrian check-in counter. Bandara CGK terasa banget vibe holidaynya saat itu.

Karena petugas di counter check-in dan CSnya Super Air Jet di bandara LOP gak mau cincay, akhirnya mau gak mau saya beli tiket baru deh. Rogoh lagi kocek pak suami for another expense of 1.3mio. Syukur alhamdulillah  gak ngomel doi, daripada bininya gak bisa balik kali yee, atut ntar gak ada yang bikinin nasgor spesial lagi ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Sampe CGK karena pesanan airport transfer yg di Traveloka udah saya batalin, kita pulang ke rumah pakai mobil rentalnya Bluebird. Agak lebih mahal dari online sih. Tapi ya sudahlah, hamba sudah lelah dengan drama pertiketan di bandara LOP.

Sampai rumah saya langsung apply proses refund tiket yg gak jadi dipake. Di approved walau cuma dapat 10%, sekitar 300ribuan. Lumayan lha buat jajan bakso. Alhamdulillah ala kullihal.

Gak cuma drama tiket, drama tikus2 bandara pun mewarnai liburan kita kali ini. Hari pertama pas sampai cottage baru ngeh kalau koper besar yg masuk bagasi kunci kombinasinya rusak. Sepertinya ada berusaha membuka dengan cara digetok2, karena ada jejak2 getokan. Alhamdulillah gak ada yg hilang sih. Wong isinya cuma pakaian2 murce doang๐Ÿ˜…. Lalu pas udah balik sampai rumah dan mau unpacking ternyata ada koper lain yg pecah dong. Astagfirullah, bener2 deh ini tikus2 bandara. Ada masalah apa sih sampe koper orang dibanting2? Lagian mereka berharap dapat apa ya dari orang yang cuma pergi liburan? Gak mungkin jalan2 bawa barang berhargakan?

Sepertinya kalo nanti travelling lagi koper kudu dikasih catatan dengan tulisan dan huruf2 besar: "KOPER MURAH, JANGAN DIBANTING!" dan "TIDAK PERLU DIBUKA, KOPER INI HANYA BERISI BAJU2 KOTOR". Ceunah, hahahaha..

Walau perjalanan kali ini ada drama2 dan super syahdu karena hujan gak berhenti merintik di 2 hari pertama, semua harus tetap disyukuri, karena Allah subhanahuwataala masih memberi rezeki kepada kami untuk bisa jalan2 menikmati keindahan alam ciptaanNya. Alhamdulillah, Masya Allah tabarakallah. Nikmat mana lagi yang kau dustakan๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜‡.

Wednesday, November 9, 2022

Kebagian Kopit

Alhamdulillah ala kulli hal, kebagian covid juga kami setelah 2.5th berjuang mengamankan diri dari virus C-19 tersebut.

Bermula dari si Bapak yang tiba2 pulang kantor cepat di hari Jumat. Katanya gak enak badan. Ternyata demam euy. Sekitar 38 koma hampir 39. Akhirnya ta' kasih panadol biar turunan. Waduh kenapa nih, apa gara2 obat dartingnya habis atau apa ya? Sempat curiga kopit juga sih tapi mikir lagi, ah mosok kopit sih, emang pandemi masih eksis?

Lalu Sabtunya kita ke dokter RSJHK buat kontrol darting Bapak. Alhamdulillah kita bisa masuk RS dengan kondisi demam Bapak yg lg diturunin pake Panadol, dan tetap prokes ketat demi urgensi mendapatkan obat yang harus diminum Bapak tiap hari.

Ndilalah hari Minggunya saya ngerasa sakit kepala yang teramat sangat, sampe kepala rasanya mau copot. Hari Minggu itu juga Bapak memutuskan pergi ke lab untuk PCR. Mungkin udah curiga juga. Aduh kok saya yang jadi deg2an ya nunggu hasil. Malamnya di-WA lab kalo Bapak positif kopit. Innalillahi..

Tambah curiga kalo saya positif juga. Keesokan harinya saya dan bocah PCR karena anak lanang udah bersin2 juga. Hasil dari PCR ini saya positif dan bocah negatif. Hadeuh, gimana ini bocah ya. Keluarga jauh semua gak ada yang bisa dititipin. Tapi mikir juga kalo bocah ternyata bawa virus keluar atau sebenarnya positif juga tapi belum terdeteksi kasian juga yang ketitipan dan teman2 di sekolah. Akhirnya kita putuskan bocah libur sekolahnya seminggu sambil jaga jarak aman di rumah.

Setelah bersin2 beberapa hari, Rabu malam bocah sumeng. Langsung saya kasih panadol 1/2 kaplet. Besokannya kelar itu demam. Kita masih jaga jarak. Tapi mamak curiga kalo bocah positif juga. Tapi itu bocah keliatan aman2 aja gak ada keluhan demam ataupun pusing. Cuma bersin2 sedikit.

Karena hari Rabu mau ada assesment di sekolah, maka hari Minggu bocah kita bawa lagi ke lab untuk PCR. Hasilnya qadarullah positif. Nambah lagi deh liburnya seminggu. Ujian mengejar dunia bener deh. 2 minggu off sekolah, off ngaji, off berenang, off taekwondo sama bolos LIA 2 sesi. Mamak dan anak harus sabar dan ikhlas!

Ini rasa dan gejala yang saya alami dari hari 1 sampai selesai isoman:
1. Minggu 30 Okt, kepala puyeng kek mo copot

2. Senin 31 Okt, test covid positif, pusing2, bersin2

3. Selasa 1 Nov, pusing2, kyk mau flu. Bersin2

4. Rabu 2 Nov, indra perasa udah mulai ngaco. Semua makanan rasanya asin banget, pusing2, bersin2

5. Kamis 3 Nov, rasa tambah ngaco, rasa manis jadi sepa, pusing2. Kerja dikit keringetan

6. Jumat 4 Nov, rasa lebih ngaco, rasa asem jadi sepa juga (jeruk impor), pusing2, hidung mampet, meler, mata berair kayak gejala awal mau flu. Kerja dikit keringetan

7. Sabtu 5 Nov, masih teler lha pokoknya

8. Minggu 6 Nov, masih teler, kulit kepala gatal

9. Senin 7 Nov, mendingan, kulit kepala gatal

10. Selasa 8 Nov, mendingan tapi kulit kepala masih gatal

11. Rabu 9 Nov, masih pusing sedikit, harus digerakkin biar gak terasa pusingnya, kepala masih gatal

12. Kamis 10 Nov, hari terakhir isoman

Obat dan vitamin yang diminum:
- Proris (ibuprofen)
- D3+K2 5000iu
- B kompleks
- Omega 3
- Toria (mineral magnesium)

Bersyukur kita punya stok obat dan semua vitamin yang dibutuhkan. Alhamdulillah saya juga punya betadine kumur 2 botol, betadine throath spray, madu HDI (yang mahal ituh. Entah siapa, waktu awal2 pandemi ada yg kirim madu dan pil propolisnya).

Kita info kena covid cuma ke kantor, walas, guru ngaji sama ke tempat latihan taekwondo. Keluarga yang dikabari cuma 1 kakak saya dan 2 kakaknya Bapak yang dokter (itu juga keknya karena buat konsul deh๐Ÿ˜…). Sama kalo ada yang nanya aja. Bahkan mertua aja nggak dikasih tau.

Kenapa gak mau woro2?

1, karena gak mau pada khawatir dan gak mau merepotkan

2. Karena kalo pada kirim2 makanan kita yang repot ngabisinnya buun. Beneran deh.

Bukannya gak suka dikirimin makanan. Tapi takut spoiled trus kebuang. Mubazir khan. Karena kita cuma bertiga di rumah. Mau share makanan ke yg lain kok ya gak mungkin ya karena takut terkontaminasi virus.

Mungkin jadi gak banyak yang doain buat kesembuhan, gpp jadinya minta kesembuhannya fokus sama yang Diatas aja. Kakak saya kirim makanan aja dari minggu lalu masih ada, tertatih2 ngabisinnya euy. Sampe wanti2 supaya stop kirim makanan lagi. Mungkin keliatan kayak nolak rezeki ya, tapi saya tuh paling sedih kalo ada adegan buang2 makanan. Mubazir temannya setan, ku gak mau jadi temennya setan!

Dan saya juga masih tetap kerja domestik. Malah tambah banyak karena tambah cucian dan setrikaan, coz gak berani laundry diluar, takut nularin.

Dari kita bertiga. Sepertinya saya yang paling parah. Padahal yg ada komorbid Bapak. Kayaknya gara2 saya males makan deh. Jadi bawaannya pusing melulu, lemes, kulit kepala gatal2. Bapak mah cuma lemes2 doang walau sempat ada nyesek di hari ke 5. Bocah sendiri alhamdulillah aman. Biasa aja gak kayak orang sakit.

Hari ini Bapak bebas isoman, besok saya. Bocah sampai Jumat lha ya. Sabtu ini rencana dah mulai les LIA lagi. Insya Allah udah aman semua ya kita.

Alhamdulillah ala kuli hal
Semoga penyakit ini menjadi pengingat betapa lemahnya kita sebagai manusia dan juga bisa sebagai penggugur dosa2, aamiin ya robbal alamiin..

Thursday, October 27, 2022

Operasi LASIK

Latepost. Bulan April 2021 akhirnya saya punya keberanian untuk melakukan operasi lasik. Diberani2in sih sebenarnya, Aslinya mah takut banget, hehehe.. Padahal dulu waktu masih jadi wanita kurir, operasi lasik bisa diklaim full reimburesement lho. Tapi saya maju mundur takut sakit dan gak tahan juga kalo harus lepas kontak lensa kelamaan saking malesnya pake kacamata karena gak nyaman dengan tebal dan beratnya. Padahal syarat untuk melakukan operasi lasik salah satunya adalah mata bebas lensa kontak selama minimum 2 minggu. Tapi karena gak punya keberanian ya sudah lha lewat aja itu kesempatan bisa operasi lasik gratis..๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Dan keinginan untuk lasik ini muncul lagi saat pandemi kemarin. Gara2 kebanyakan rebahan di kamar, pagi, siang, malam henponan terus bikin mata tiba2 jadi gak nyaman. Liat jarak jauh kok jadi  burem. Lepas lensa kontak ganti kacamata tetap burem. Aslik gak nyaman. Wah kayaknya minus tambah nih, gak nyangka juga di usia segini minus mata bisa tambah. Biasanya kan aman ya, paling mata plus aja yg jadi problem manusia2 usia jelita macam saya ini.

Untuk ganti kacamata alias nambahin tebal minusnya aduh ogah banget. Gak nyaman dan tambah berat pastinya. Mau pake lensa kontak terus lama2 juga ngeri secara sayah itu paling males copot2 lensa kontak yang kadang bisa sampe setahunan lebih gak lepas. Walau alhamdulillahnya hal itu gak pernah jadi masalah, tapi saya terus terang takut juga kalo tiba2 kecolongan alias tiba2 dapat masalah dengan mata akibat gak pernah copot lensa kontak.

Akhirnya saya minta ijin suami untuk melakukan operasi lasik. Alhamdulillah diijinin juga walau harus keluar biaya dari kocek (suami) sendiri, soalnya gak diganti kantor buun๐Ÿ˜… Untuk biayanya sendiri lumayan juga, sekitar 30jutaan untuk mata kiri dan kanan.

Lalu saya ke JEC Menteng untuk konsultasi dengan dokter F, dokter mata yg selebgram jg. Katanya bisa besok bu kalo mau, wkwkwk.. gercep amet dook๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

Setelah persiapan lepas lensa kontak sekitar 2 mingguan dll akhirnya eksekusi dilakukan. Subhanallah, sakitnya luar biasa. Walau katanya dibius (lokal) tetap aja rasanya kek mo mati. Padahal saya termasuk orang yg level toleransi rasa sakitnya lumayan tinggi lho. Tapi jalanin operasi mata begini aslik berasa banget sakitnya. Jadi mikir apa toleransi rasa sakit saya udah drop ya seiring bertambahnya umur?

Operasinya sendiri alhamdulillah berjalan dengan cukup lancar. Proses operasi sekitar 30 menit untuk 2 mata, walo secara teori prosesnya 15 menit untuk mata kiri dan kanan. Tapi karena di mata kiri saya terjadi pendarahan jadi memakan waktu yang lebih lama. Dokter bilang pendarahan terjadi karena pemakaian kontak lensa yg berlangsung lama sebelumnya. Jadi tambah takut kan kalo masih pake lensa kontak.

Rasa sakit terus berlangsung sampai hampir 10 jam kedepan. Apalagi saya juga telat juga minum pain killernya. Selama beberapa jam itu rasanya pengen nangis terus saking sakitnya. Walo esokan harinya jauh berkurang. Mata gak boleh kena air, angin apalagi debu dulu untuk beberapa hari. Untung waktu itu masih pandemi jadi alhamdulillah aman gak kemana2 alias dirumah aja ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Sampai tiba waktunya kontrol ke RS, minus mata saya dari -5 dan -7 jadi 0 sodara2! Alhamdulillah. Tapi plusnya masih, +1.25. Plus gak bisa hilang sih kata dokter, fitrahnya manusia memang makin tua makin tambah plusnya. Dan so far sampai sekarang sudah lewat setahun lebih mata saya aman2 aja. Mudah2an, insya Allah aman terus lha ya sampai jadi nenek2 nanti, aamiin..

Tambahan, jadi ingat waktu jaman SMA dulu. Pernah sedih bgt nangis2 gara2 mikirin minus mata yang tinggi banget sampe rasanya putus asa mau meninggoy aja (astaghfirullahaladzim). Alhamdulillah ya ternyata dunia kedokteran udah canggih, ada yang namanya teknologi lasik. Bikin orang2 yang bermimpi kepengen matanya normal kembali bisa terwujud. Masya Allah tabarakallah,  nikmat mana yang engkau dustakan..