Lilypie Second Birthday tickers

Sunday, May 19, 2024

Belitung trip #2

Selesai ujian akhirnya anak lanang, kita mengulang lagi Belitung trip yang pernah terjadi 6 tahun lalu. Rencananya sih mau ke Singapur. Etapi saya males nyusun itinerary. Galau sama hotelnya yg udah mahal dah itu keknya gak bisa pesan 1 kamar buat 2 dewasa dan 1 anak. Kalo apes kan bisa kena denda gede, katanya sih sampe 2jutaan, sayang aah. Tapi intinya males ngurusnya sih. Udah itu ternyata belakangan kan lagi ada heatwave di Asia dan saya liat di data yg beredar cuaca di Singapura lebih hot dari Indo yg juga emang berasa lg panas, sumuk, gerah dkk.

So akhirnya saya putusin untuk ke Belitung lagi ajah. Sekalian menuntaskan rasa penasaran saya akan Desa Gantong, sekolahan Muhamadiyah, dan segala hal tentang Laskar Pelangi. Karena di trip pertama dulu kita gak kesana. Dan satu lagi, rasa penasaran saya untuk nginap di Santika Resort Belitung yang belakang halamannya langsung pantai, dan ternyata emang sebagus itu geeess. Cakep bgt, asal jangan pas lagi surut ya karena pantainya jadi kering.

Di Santika kita nginap cuma 2 malam. Excited banget! Dari tengah lobby lihat ke halaman belakang langsung terpandang pantai. Tempat sarapannya juga kece, bisa cari meja yang langsung hadap pantai walo sarapannya biasa aja sih😁. Ada jettynya juga, buat foto2 cakep banget. Buat nunggu sunset apalagi. Keren lha dengan harga yang cukup affordable. Dan karena males disuruh bayar2 lg buat tambahan breakfastnya si anak lanang saya pesan kamar yang utk 2 dewasa dan 1 anak. Amazingly harganya gak jauh beda dengan 1 kamar 2 dewasa aja tapi kasurnya masya Allah luas bangeet, bantal 4 dijejer masih ada space lho. Keknya emang setnya buat bobo berempat sih. Dah itu, tiap kamar ada balkonnya yang menghadap pantai gituh. Worth it lha pokoknya si Santika walo jauh dari kota. Kalo ke Belitung cuma utk rest and relax dan island hopping ya cocok bgt lha si Santika inih.

Hari pertama kita di jemput driver di bandara langsung menuju ke Belitung Timur lokasi dimana semua hal tentang Laskar Pelangi berada. Bagus sih, cukup untuk mengatasi rasa penasaran saya. Mampir ke Museum Katanya Andrea Hirata juga tapi gak masuk atas saran drivernya karena gak worth it HTMnya. Jadi kita cuma foto2 di depannya dan mampir makan pempek singkong di warung sebelah museum. Enak lho ternyata pempek singkong, walo harganya sih lumayan yah utk ukuran warung gorengan😄

Dari Belitung Timur itu kita balik ke kota dan makan di warung prasmanan yang pas bayar sungguh bikin shock, aslik. Pasalnya pas bayar makan ber-4 kita kena 300rb lebih, 1 orang 80rban lho makan di warung biasa. Pas dicek eh ternyata minumannya di charge 33 gelas dong padahal yang minum cuma 3 orang. Herannya mbak kasirnya santai aja gitu gak bingung pas totalan dengan sikon makan ber-4 harga segitu. Apa dah biasa kali yah? Jadi suudzon kan sayah🤔 Akhirnya saya suruh sopir utk urus karena saya ngecek struknya pas udah di hotel. Dan balik lah itu uang es jeruk 30 gelas 150ribu rupiah, lumayan kan buat beli bengsin, alhamdulillaah😁😁

Hari kedua rencananya kita island hopping plus snorkeling. Seruuu. Anak sholeh seperti biasa kan ya si anak pantai. Betah banget main air, main pasir. Masih kek bocil bgt itu anak padahal dah mau SMP😅😅

Pantai Belitung masih cantiiik banget. Kita diajak explore ke pelosok batu2an raksasa yang dulu kita gak kesana waktu trip pertama. Ini drivernya baik banget, walo gak jago moto😅 Ya udah lha yang penting udah ngajak ke tempat2 yang kece. Sebelum balik hotel kita juga dibawa ke pantai lokasi shooting Laskar Pelangi. Aslik cakeeep bangeet. Pantai Belitung memang beda. Luar biasa indahnya dengan batu2an raksasa yang tersusun sempurna indah dimata. Wondering how Allah subhanahuwataala menciptakan Belitung. Mungkin jaman sebelum terciptanya manusia terjadi ledakan2 dahsyat di udara hingga terjadi hujan batu raksasa di langit Belitung yang berjatuhan spesial di pantai2nya. Masya Allah begitu besar kekuasaanMu ya Allah..

Hari ke-3 saya cuma pesan mobil untuk airport transfer. Emak hemat 😁. Tapi drivernya baik hati sekali mengajak kita mampir ke kopi Kong Djie. Wah, seenak ituh memang. Saya yang gak ngopi meresapi setiap hirupan es kopi susu yang saya pesan. Rencana juga mau diajak foto2 di titik nol dan Danau Kaolin, tapi berhubung gak bisa2 online check-in kami memutuskan untuk langsung ke bandara ajah. Iyah, gara2 sistem online check-innya group Lion yang ganti jadi keder deh kita kehabisan quota online check-in. Trauma banget waktu berangkat kita duduknya misah2 gara2 gak kebagian seat berderet. Sampai di bandara kita langsung ke counter. Bapak antri saya riweuh kesana kemari nanya2. Ndilalah ada counter buka baru saya langsung antri aja beda counter sama yg diantriin Bapak. Alhamdulillah jadi bisa cepet dan malah dikasih seat depan no. 6 ABC karena diliat bawa bocah 12 tahun, masya Allah..

Entah kenapa di setiap perjalanan selalu ada drama di bandara. Pas lagi ambil bagasi saya cari boarding pass gak ada dong. Aslik panik. Soalnya takut kena random checking boo. Kalo kena kan bisa riweuh urusannya. Bisa2 koper dr bagasi ketahan. Alhamdulillah koper saya yang paling terakhir keluar. Jadi pas kita menuju pintu keluar petugas yang biasa ngecek dah bubar. Sekali lagi, alhamdulillaah ala kulli haal..

Satu lagi pelajaran transportasi dari bandara ke rumah. Herannya saya kok baru nyadarnya kemarin ya. Petugas2 dr bb, goc, grc itu ternyata calo yah. Bayangkan dia udah cek harga di aplikasi henponnya. Eh ternyata masih bisa diturun harga lho plus free toll😅. Karena penasaran, sambil nunggu mobil datang saya iseng cek di aplikasi saya. Ealaah, harganya beda 100rb lebih murah. Apa mereka pake aplikasi bodong yah? Saya tau ada biaya surcharge di bandara. Karena kalo dr aplikasi henpon saya perbedaan harga dr rumah - bandara dan bandara - rumah juga udah lumayan jauh. Nah pake aplikasinya si "petugas" perbedaan harganya jadi 2x lipat lho, wkwkwk.. cuma bisa nyengir akutuu..

Belakangan dari semua peristiwa dan masalah saya juga belajar. Termasuk masalah2 kami dalam perjalanan kemarin. Menggantungkan semua ke Allah adalah suatu keharusan. Masalah kecil apalagi besar ya minta tolong pertamanya  ya sama Allah. Jangan sama mahluk, apalagi mahluk/benda mati. Kan ada hadistnya tuh. "Kalau kamu mau meminta mintalah kepada Allah, kalau kamu mau meminta tolong, minta tolong lah kepada Allah". Masya Allah, pasti Allah dibantu. Dengan segala KuasaNya. Jadi kemarin itu setiap ada kesusahan, kesulitan, ataupun kehilangan barang sepele sayah teteup pertama minta tolongnya ya sama Allah, dan alhamdulillah selalu datang pertolongan dan solusi dari Allah saat itu juga, Masya Allah tabarakallaah..

Alhamdulilah, bersyukur sekali kami masih diberi kesempatan untuk menikmati keindahan alam pulau Belitung. Maka, nikmat Allah mana yang kau dustakan, masya Allah tabarakallaah..